Sabtu, 21 Desember 2019 telah dilaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) yang bertempat di SMKN 1 Tanjunganom. Kegiatan ini dilaksanakn selama dua hari, yaitu Sabtu dan Minggu, tanggal 21-22 Desember2019, mulai pukul 08.00-14.00, dan diikuti oleh perwakilan dari siswa-siswi kelas X dan XI. Kegiatan rutin ini selalu mengisi disetiap tahun pelajaran, gunanya para siswa akan mendapatkan persiapan kompetensi dalam hal kepemimpinan, baik di lingkup sekolah maupun di masyarakat kelak. Antusias dan semangat peserta LDKS sangat menunjukan bahwa mereka siap diolah menjadi generasi unggul dalam memimpin sebuah organisasi ataupun kepemimpinan lainnya, inilah yang menjadikan kegiatan LDKS menjadi ajang mengasah kemampuan, skill, dan bakat yang terdapat di setiap siswa.

Adapun agenda kegiatan LDKS ini yang sudah tersusun dengan berbagai materi atau ilmu yang berguna dalam kepemimpinan nanti, materi  tersebut meliputi :

  • Pelatihan Baris Berbaris (PBB), yang disampaikan oleh Bpk. Nardi dari Koramil Warujayeng
  • Pembukuan keuangan, yang disampaikan oleh Bu Tutik Aminah S,Pd
  • Surat menyurat, yang disampaikan oleh Bu Titik Khumairoh S,Pd
  • Materi Leadership, oleh Bpk. Mujianto dari Polres Warujayeng. Dan,
  • Wawasan Wiyata Mandala, oleh Bpk. Mujianto S,Pd

Kegiatan yang selanjutnya pada hari Minggu tanggal 22 Desember para siswa disiapkan mengikuti kegiatan outbond yang akan dilaksanakan di Petung Ulung, Ds. Sawahan, Kab. Nganjuk. Materi saat outbond hanya permainan untuk melatih kerjasama tim dan jiwa kepemimpinan siswa-siswi yang mengikuti LDKS.

Kegiatan Outbond LDKS di Petung Ulung

Para guru pun tidak ketinggalan ikut serta hadir dan merasakan serunya  mengikuti serta mendampingi siswa disetiap permainan yang disuguhkan oleh panitia. Bapak/ ibu guru dan para siswa pun bersuka ria merasakan keseruan permainan walaupun terik matahari memayungi di atas semangat yang tidak tergoyahkan sekalipun bercucuran keringat yang menghiasi canda tawa sekalipun mereka telah merasakan lelahnya karena sehari sebelumnya sudah menjalan kegiatan di sekolah.

Tiba saatnya waktu menunjukkan pukul 13.00 WIB, seluruh peserta mengakhiri kegiatan ini dengan berkemas-kemas dan membersihkan diri. Kegiatan ini ditutup dengan presentasi Proker masing-masing SekBid dari pengurus OSIS tahun 2020/2021. Tepat pukul 14.00 kegiatan ini selesai. Dan seluruh peserta kembali ke sekolah, Alhamdulillah segala kegiatan mulai dari awal hingga akhir telah terlaksana dengan lancar. Semoga para siswa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari kegiatan LDKS ini. Dan kedepannya semoga SMKN 1 Tanjunganom semakin jaya, maju, dan hebat.

Salam sosmed SMEKTA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *