SMK Negeri 1 Tanjunganom kembali mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) pada tanggal 1-2 Februari 2019. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan kelas 10 dan perwakilan dari ekstra-ekstra. Masing-masing perwakilan per kelas 2 anak begitu juga dengan perwakilan dari ekstra 2 anak. Hari pertama pelaksanaan LDKS bertepatan pada hari Jum’at tanggal 1 Februari 2019. Awal pelaksanaan pukul 14.45 dilakukan Cheek In dan dilakukan apel pembukaan LDKS pada pukul 15.00 yang bertempat di SMK Negeri 1 Tanjunganom yang diikuti seluruh peserta LDKS, setelah pelaksanaan apel seluruh peserta LDKS diberi arahan untuk membersihkan barak tempat untuk bermalam yang berada di kelas XI TBO 1 untuk PI(Perempuan) dan kelas X TKR 2 untuk PA(Laki-laki). Acara selanjutnya adalah seluruh siswa berganti pakaian olahraga untuk mengikuti kegiatan PBB(Pelatihan Baris Berbaris) yang di komando oleh Pak Nardi dan Pak Hendri. Acara dilanjutkan dengan pemberian materi yang bertempat di Aula SMK Negeri 1 Tanjunganom dipimpin oleh Pak Mujianto dan Pak Hendik.

Pada hari sabtu tanggal 2 Februari pukul 07.00 seluruh peserta LDKS melakukan Outbond yang berlokasi di Petung Ulung Sawahan Nganjuk. Pengarahan Outbond dipimpin oleh Pak Abu. Outbond yang dilakukan di petung ulung diawali dengan memecahkan balon dengan alat-alat yang disediakan seperti sedotan, tusuk gigi, korek api, kertas, benang, kresek, permainan mengisi botol dan menyalakan lilin, estafet air yang menggunakan piring plastik, mengisi paralon yang berlubang dengan air, berenang di sungai dengan waktu 5 menit, dilanjutkan denga pembacaan proker(Progan Kerja) osis. Dan acara yang terakhir adalah Apel penutupan yang dilakukan di petung ulung.

Jadi dari kegiatan LDKS itu untuk melatih kepemimpinan dan kedisiplinan kita agar menjadi kepribadian yang lebih baik, mempunyai jiwa kepemimpinan, membentuk karakter siswa, dan kemampuan beradaptasi dilingkungan luar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *