Praktik kerja industri (PRAKERIN) adalah salah satu kegiatan wajib untuk seluruh siswa SMK kelas XI. Kegiatan ini menjadi syarat di SMK, karena berbasis keterampilan. Dari sinilah siswa akan diukur mengenai kemampuan teori yang kemudian diterapkan dalam ilmu praktiknya. Sekaligus menjadi ilmu penting bagi siswa untuk memperoleh pengalaman baru menghadapi dunia kerja, kelak mereka tidak akan bingung dan canggung manakala berkecimpung secara langsung di dunia kerja/industri.

Di SMKN 1 TANJUNGANOM diberi kesempatan untuk melaksanakan prakerin di pusat pengembangan dan pelatihan dalam setiap prodi masing-masing.

Berikut cuplian dari tugas prakerin yang dipresentasikan kepada adik kelas.

Presentasi dari prodi TPL (teknik pengelasan).

Dari gelombang pertama jadwal prakerin, inilah salah satu peserta prakerin, Kakak Hendrik Setyo Wibowo. Dia mulai prakerin mulai bulan Agustus sampai Desember 2018, di bengkel Seamilas yang bertempat di Ds. Barengan, Kec. Ngronggot, Kab. Nganjuk. Kegiatan yang dilakukan selama prakerin sangat banyak seperti: pembuatan pagar, pembuatan kanopi, pembuatan bahan kontrupsi bangunan sampai bak truk. Semua dilakukan tidaklah lepas dari ilmu yang telah dipelajari selama di sekolah yang kemudian praktiknya di tempat prakerin.

Dengan diadakannya kegiatan prakerin, siswa SMKN 1 Tanjunganom dapat memperluas ilmu dan wawasan di dunia kerja atau industri sesuai dengan jurusannya masing-masing.

Inilah sedikit ulasan berbagi pengalaman dalm dunia kerja/prakerin yang diadakan pihak sekolah untuk menunjang keterampilan siswa disetiap jurusan yang ada di SMKN 1 Tanjunganom.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *