SMKN 1 Tanjunganom sepakat menjalin kerjasama dengan Komisi Nasional Pendidikan (Komnasdik) Provinsi Jatim dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Program tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman bersama di sela upacara bendera, Senin (2/9) pagi.

“Tugas kami adalah membantu sekolah – sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Termasuk sumber daya manusia, supaya Indonesia menjadi negara unggul dan bermartabat” ungkap Kunjung Wahyudi selaku ketua Komnasdik Jatim yang didaulat menjadi pembina upacara. Beliau menyampaikan tentang pentingnya membangun Panca Sadar yaitu Sadar Tuhan, Sadar Diri, Sadar Hidup, Sadar Masalah, dan Sadar Bahagia. “Panca sadar yang meliputi Sadar Tuhan, sadar diri, Sadar hidup, sadar masalah, dan sadar bahagia ini jika dijalankan secara langsung di sekolah dan ada komunikasi yg baik antara Siswa, Guru, Kepala Sekolah, Karyawan dan orang tua siswa (Masyarakat). Kami yakin SMK Negeri 1 Tanjunganom siap mendapatkan prestasi ADIWIYATA MANDIRI dan SMK Negeri 1 Tanjunganom ada dihati Masyarakat Nganjuk” ungkap beliau.

Pelaksanaan upacara bendera di halaman SMKN 1 Tanjunganom ini berlangsung lancar. Usai upacara, acara dilanjutkan dengan pemberian motivasi dari tim Komnasdik Jatim.

“Kalian punya cita – cita?” tanya Eka Ratnawati, motivator sesi pertama. Menurut Eka, salah satu motivator yang juga aktif di Katahati Institute Eka Ratnawati menekankan kepada siswa-siswi pentingnya bertutur kata yang baik dan positif, karena Kata adalah sebuah Doa.

Sementara itu, Dr.Nasrul Syarif Faqih M.Si motivator sesi kedua dalam kegiatan ini semakin membangkitkan semangat para peserta. “Smekta” sapa Nasrul dengan semangat, yang langsung dijawab “Bisa, Hebat, Yes” oleh para siswa. Setelah itu, beliau menjelaskan kunci awal untuk meraih kesuksesan. “Rumusnya adalah HIT. Hancurkan penghalang, Impianmu tuliskanlah, dan Tingkatkan terus kompetensimu.” pungkasnya. Di bagian akhir, Nasrul sebagai motivator membangkitkan pola pikir dan alam bawah sadar siswa. Tak sedikit dari siswa yang sampai menangis merenungi segala kesalahan yang dilakukan selama ini lewat sentuhan orang tua, khususnya sosok ibu. Sejumlah guru yang menyaksikan ikut terenyuh dan tersentuh dengan materi yang disajikan. Selain bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa, motivasi ini juga untuk meningkatkan rasa kasih sayang dan bakti mereka kepada guru dan orang tua.

Kepala Sekolah SMKN 1 Tanjunganom R. A Iwan Tresnawan, S.Pd, M.Si berharap kehadiran motivator berkelas dan berkualitas dari Komnnasdik Jawa Timur ini dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga akan memberikan pencerahan,semangat dan motivasi bagi siswa – siswi SMKN 1 Tanjunganom. “Motivasi yang diberikan tim Komnasdik juga bagus, anak – anak antusias. Mudah – mudahan itu bisa menjadi motivasi mereka untuk lebih mensyukuri dirinya dan semangat untuk menggapai impian serta cita – citanya.” Ungkap beliau.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *