Kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) 2019-2020 Gugus Depan 11.191-11.192 pangkalan SMKN 1 Tanjunganom Nganjuk, Ambalan Khrisna dan Cut Mutia dibumi perkemahan SMEKTA pada tanggal 27-28 Juli 2019. Penerimaan Tamu Ambalan ini diikuti oleh seluruh siswa baru kelas 10 dari masing-masing jurusan. Anggota ekstrakulikuler pun ikut serta mengikuti acara ini.

Kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) ini dimaksudkan sebagai penutupan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan (MPLS), sebenarnya PTA ini bukan acara pramuka melainkan acara sekolah yang dikelola oleh pramuka.

Acara ini berlangsung selama 2 hari dan berjalan dengan lancar. Adapun kegiatan pertama pada tanggal 27 Juli para perserta melakukan check in sebelum masuk bumi perkemahaan, setelah itu para peserta melaksanakan Upacara Pembukaan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) sebagai tanda awal dibukanya kegiatan PTA, selanjutnya mereka mengikuti lomba Cerdas Cermat Pramuka yang merupakan bagian dari kegiatan ini, dalam lomba ini para siswa dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang kepramukaan, setelah melakukan beberapa kegiatan mereka diberi waktu untuk sholat, makan, dan beristirahat sejenak  kemudian mempersiapkan kegiatan selanjutnya. Kegiatan ini juga ada sosialisasi Dewan Kerja Cabang Nganjuk (DKC) yang mengusung tema “Pramuka Keren”. Setelah adanya sosialisasi, para peserta juga diberikan materi tentang dampak dari pergaulan bebas dan ekstra Paskibra yang dapat membuat mereka mengerti tentang Peratura Baris Berbaris (PBB). Setelah mengikuti beberapa materi peserta istirahat, sholat, makan dan mempersiapkan pentas seni yang akan ditampilkan saat api unggun.

Api unggun dilaksanaknan pukul 19.30 dan berlangsung selama 1,5 jam. Kegiatan selanjutnya adalah pentas seni yang diikuti oleh 11 gugus, masing-masing gugus tersebut harus menampilkan perwakilan mereka. Dalam pensi ini banyak sekali yang memilih untuk bernyanyi. Kegiatan api unggun ini ditutup dengan joget bersama (Panitia, Tamu Undangan Ekstra, dan Para Peserta), setelah api unggun, dilanjtkan acara nobar yang menampilkan sekilas tentang Festifal Wirakarya Kampung Kelir (FWKKP) samapi akhirnya tiba waktu beristirahat.

Hari kedua pada tanggal 28 Juli diawali dengan sholat tahajud dan sholat subuh, setelah itu peserta mengikuti senam pagi dan sarapan. Kegiatan pada hari kedua ini adalah outbond, di situ para siswa berjalan seperti jelajah menyusuri jalan dan menghampiri pos-pos yang telah ditentukan. Pada pos tersebut para peserta harus melaksanakan sebuah game atau tantangan untuk dapat menuju pada pos berikutnya sampai pos terakhir dan menuju kembali ke SMEKTA.

Setelah outbound yang menghabiskan waktu, mereka diberi waktu untuk membersihkan diri, selanjutnya mereka melaksanakan Bhakti Sosial (Bhaksos). Pada kegiatan ini para peserta membersihkan area barak (tempat tidur), selesai  bhaksos mereka menuju masjid untuk melaksanakan sholat dhuhur lalu melaksanakan Upacara Penutupan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) sebagai tanda bahwa telah ditutupnya kegiatan PTA, sebelum meninggalkan bumi perkemahan para peserta harus check out terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada barang yang tertinggal.

Selesai sudah kegiatan ini. Alhamdulillah acara terlaksana dengan lancar dan tertib tanpa ada halangan suatu apapun. Semoga dengan diadakannya kegiatan PTA ini dapat menambah pengeathuan siswa serta melatih mental segenap penerus bangsa untuk selalu semangat berjuang, belajar melanjutkan menata bangsa negeri tercinta ini.

Salam ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *